Sabtu, 17 Maret 2012

5 jajanan pinggir jalan di bogor (Part 1)

1.Gorengan


   Makanan yang satu ini pasti sudah sangat familiar di kuping anda yang berada di dalam Bogor maupun di luar Bogor, dan tak dapat dipungkiri bahwa jumlah pedagang gorengan di bogor sangatlah banyak sampai-sampai mungkin di tiap daerah ada. Biasanya gorengan yang dijual berupa tempe goreng, tahu goreng, tahu isi, bakwan, karoket, cireng, pisang goreng, ubi goreng dan oncom. saya masih ingat beberapa tahun lalu harga gorengan di Bogor sempat naik menjadi Rp.600-Rp.700, walaupun masih terbilang murah tetapi harga ini sangat "tanggung" lantaran jika misalnya membeli 2 dengan uang Rp.1500 penjual akan memberikan kembalian sebesar Rp.300 dan kita tidak bisa membeli 3 seperti biasanya. Tetapi untungnya sekarang harga gorengan sudah kembali seperti semula.

2. Tahu bulat
   Makanan yang satu ini masih sejenis dengan gorengan tetapi biasanya para pedagang memisahkannya sedang gorengan seperti diatas sehingga pedagang tahu bulat pun hanya menjual tahu bulat. Seperti yang kita ketahui, Mayoritas tahu berbentuk kotak, tetapi sekitar pada tahun 2009 bogor diserang oleh virus "tahu bulat" yang menyababkan tahu bulat menjadi salah satu dari jajanan pinggir jalan di bogor. Tekstur tahu yang satu ini berbeda dengan tahu yang berbentuk kotak, tahu ini lebih garing dan dalamnya lebih kosong dibandingkan tahu kotak yang padat. Tetapi tahu bulat memiliki ciri khas rasanya yang berbeda dari tahu kotak yang membuat tahu ini bisa dibilang lebih enak dari tahu biasa bagi kebanyakan orang.

3. Roti goreng
   Belum lama ini masyarakat Bogor dikenalkan oleh makanan ini, dan makanan ini pun cepat berbaur dengan masyarakat bogor dan telah mendaftarkan diri menjadi salah satu jajanan pinggir jalan di bogor. Makanan ini unik, kenapa unik? karena cara menyolahannya yang berbeda dengan roti biasa, yaitu digoreng setelah di celupkan ke adonan tepung yang akan menjadi kulit roti goreng ini dan membuatnya semakin lezat. Roti yang digunakan pun bukan sembarang roti yaitu roti yang pada sisi atas dan bawahnya diselimuti oleh pinggiran roti. Roti goreng ini meiliki beberapa rasa yaitu 

4. Crepes
   Saya ingat makanan ini, pertama kali saya mencoba makanan ini adalah saat saya diajak ke pernikahan teman orang tua saya dan ada stand d'crepes disana, mulai dari situlah saya mengetahu tentang crepes ini. Makanan ini pun sekarang merajalela di kota Bogor, hampir disetiap daerah sekolah pasti ada stand yang menjual makanan ini dan menyediakan berbagai rasa seperti coklat, coklat-keju, coklat-pisang-keju dan lain lain.

5. Sosis mie
   kalau makanan yang satu ini mungkin agak susah dicari karna biasanya dijual di tukang burger dan tidak semua tukang burger pun menyediakannya, makanan ini terdiri dari sosis yang dikelilingi mie lalu digoreng. Makanan yang satu ini sangat enak apabila ditaruh di plastik lalu dilumuri oleh saus sambal dan saus tomat dan harganya pun masih bisa diliang terjangkau yaitu Rp.2000 3 buah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar